Background

Kegiatan PKL ke 50

Senin,17 Maret 2014..

PKL hari ini beda dengan hari sebelum-sebelumnya, masuk hari ini rasanya gak ada semangat yang ada rasa takut dan tegang.Presensi hari ini juga gak seperti biasa online, sekarang manual. Di hantui oleh rasa takut karena masalah jumat kemarin.  Saya dan teman-teman karena tidak izin pulang itu. Kena marah habis-habisan dan alhamdulillah kami diberi satu kesempatan. Saya janji tidak akan mengulanginya lagi dan menyianyikan kesempatan ini.Yang terpenting nomor satu itu displin. Maaf ya bu Indra maaf ya Pak Kuindra :) 
Kegiatan hari ini saya, mengerjakan tugas membuat “Mail Merge”
Membuat Mail Merge pada Ms Word

1. Buka program Microsoft Word, buat dokumen seperti screenshot dibawah ini

2.    Pada Mailings Tab, klik Select Recipients, pilih Type New List

3.  Muncul tampilan di bawah ini
4. Ganti judul field yang ada sesuai kebutuhan kita dengan menggunakan tombol Customize Columns (dalam contoh ini kita hanya memerlukan field Nama, jurusan, dan Email).Isi field tersebut sesuai kebutuhan.




5.   Klik Ok, simpan dengan nama data pkl  


6.     Letakkan kursor di sebelah tulisan test.
Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Nama.

7.    Letakkan kursor di bawah tulisan test
Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Jurusan.

8.   Letakkan kursor di bawah tulisan «email », Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih email, sehingga tampilan menjadi seperti screenshot dibawah ini



9. Untuk melihat hasilnya, pada Mailings Tab klik Preview Results, hasil akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.  


10. Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi Preview Results, lakukan perubahan sesuai kebutuhan.          
     
      11.  Selesai menulis badan email,klik Finish & Merge-->Send Email Messages
 
12. Jika sudah selesai, untuk menyimpan dan mencetak hasil mail merge klik Finish & Merge pilih Print Documents. Ada 3 pilihan:


a.       All untuk mencetak semua surat.
b.      Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
c.       Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.




            Mengirim Email Banyak dan personal menggunakan MS Outlook

 

      Buka MS Outlook dulu.Letaknya di: Start-->ALL Program-->Microsoft Office-->Microsoft Office Outlook 2007  

   Klik Tab Go(letaknya diatas)-->pilih Contact.


    Setelah terbuka pilih beberapa Contacts yang dinginkan dengan menekan CTRL-->klik kiri.
Klik Tools-->Mail Merge

   
Akan terbuka Window dan untuk Contacts pilih Only selected contacts,Document File pilih New Document(Existing Document=apabila sudah tersedia tinggal klik Browse),Merge Option pilih Email.


   Klik OK
Tulis Isi Email
Masukkan Merge Field yang diinginkan. Apabila ingin menyapa nama dari masing-masing penerima,klik Insert Merge Field-->Full_Nama.


          Setelah selesai menulis badan email,klik Finish & Merge-->Send Email Messages



Email akan terkirim secara personal ke banyak penerima sekaligus.
Good Luck!!


 
 

 




Categories: Share

Leave a Reply